Skip to main content

Biografi Abuya Sayyid Muhammad Bin Alawi Al Maliki Al Hasani

biografi sayyid muhammad


Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasani adalah seorang pendidik ahlus sunnah wal jamaah

dan cahaya dari rumah nabi Sholallahu Alaihi wassalam di jaman ini

Beliau seorang alim kentemporer dalam ilmu hadits, alim mufassir Quran, Fiqih, aqidah, tasawwuf dan sirah Nabawi.

Abuya Muhammad Alawi al Maliki adalah seorang yang sangat dihormati dikalangan ahlus sunnah wal jamaah di ibu dari segala kota

baik ayahandanya maupun kakek beliau adalah para imam dan pimpinan para imam juga pimpinan para khotib di kota suci Mekkah.

Beliau menuliskan sebuah kitab yang sangat fenomenal dan sekarang menjadi rujukan kalangan ahlus sunnah wal jamaah yaitu Mafahim Yajibu an Tushahhah

Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki dididik semenjak kecil oleh ayahanda beliau,

selain mendapat didikan pula dari ulama ulama Mekkah terkemuka lainnya seperti

Sayyid Amin Kutbi, Hassan Masshat, Muhammad Nur Sayf, Sa'id Yamani dan masih banyak lagi.

Beliau memperoleh gelar Ph.D nya dalam studi hadits dengan penghargaan tertinggi dari Jami'al Azhar di Mesir, saat beliau baru berusia 25 tahun.

Lalu serangkaian perjalanan dalam rangka mengejar studi hadits ke Afrika Utara, Timur Tengah, Turki, Yaman, dan juga anak benua Indo Pakistani telah Abuya lakukan,

dan beliau memperoleh sertifikasi mengajar (ijazah) dan rantai transmissi (isnad)

dari Imam Habib Ahmad Mashhur al Haddad, Sayyid Hasanayn Makhluf, Ghumari bersaudara dari Maroko,

Syaikh Dyauddin Qadiri di madinah, Mawlana Zakariyya Kandihlawi dan banyak lagi lainnya

Nasab Dan Silsilah Keluarga

Terlahir di Makkah al-Mukarromah, pada tahun 1367 H/ 1947 M. Sebuah kota yang mulia, tepatnya di kawasan Babus Salam tempat kediaman ayahnya sendiri.

Beliau adalah asy-Syaikh al-Imam al-Allamah, MuMuhaddits al-Hijaz, salah satu keturunan Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam al-Hasani

Nasabnya yang mulia bersambung terus hingga sampai pada Sayyidinia Idris al-Azhari bin Idris al-Akbar bin Abdullah al-Kamil

bin al-Hasan al-Mutsanna bin al-Hasan as-Sibth bin al-Imam Ali bin Abi Thalib, suami as-Sayyidah Fathimah az-Zahra putri Baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Keluarga beliau dikenal sebagai keluarga yang berilmu dan mempunyai wibawa di kota Mekkah.

Ayahanda beliau al-Imam as-Sayyid Alawi al-Maliki dan kakek beliau As-Sayyid Abbas al-Maliki

adalah tokoh yang tersohor, terkemuka dan disegani oleh sekian banyak ulama yang mengajar di Masjidil Haram

Ayahanda beliau sendiri, as-Sayyid Alawi al-Maliki adalah figur yang sangat termasyhur diantara sekian banyak ulama yang mengajar di Masjidil Haram.

Disana, beliau telah mengajar selama lebih dari 40 tahun, yaitu dari tahun 1347 H sampai tahun 1391 H.

Dan banyak sekali para ulama dari Asia Tenggara mengikuti atau berguru di Halaqoh Majelis Ta'lim as-Sayyid Alawi al-Maliki

Silsilah keluarga Abuya Sayyid Muhammad Ibn Alawi Al maliki Al Hasani merupakan salah satu keluarga

yang paling dihormati di Makkah dan telah melahirkan alim ulama besar di Makkah, yang telah mengajar sejak lama.

Lima orang nasab atas dari Abuya telah menajdi Imam Mazhab Maliki di Haram Makkah

Datuk beliau, As-Sayyid Abbas Al-maliki, merupakan Mufti dan Qadhi Makkah dan khatib di Masjidil Haram.

Beliau memegang jabatan ini ketika pemerintahan Utsmaniah serta Hashimiah,

dan tetap dipercaya mengemban amanah jabatan tersebut setelah kerajaan Saudi didirikan.

Raja Abdul Aziz bin Sa'ud sangat menghormati beliau.

Riwayat hidup beliau boleh dirujuk pada kitab Nur An-Nibras fi Asanid Al-Jadd As-Sayyid Abbas oleh cucunya As-Sayyid Muhammad Al-Maliki

Raja Faisal sendiri saat itu tidak akan membuat suatu keputusan berkaitan Makkah kecuali setelah meminta nasihat

daripada As-Sayyid Alawi (ayahanda Bauya Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasani)

Ketika As Sayyid Alawi meninggal dunia pada tahun 1971, upacara pemakamannya merupakan yang terbesar di Makkah sejak seratus tahun.

Selama 3 hari setelah kematian beliau. Stasiun Radio saudi setempat hanya menyiarkan bacaan Al-Quran,

sesuatu yang tidak pernah dilakukan kecuali hanya untuk menghormati beliau

Kehidupan As-Sayyid Alawi bisa dirujuk pada biografi beliau yang berjudul

Safahat Musyriqah min Hayat Al-Imam As-Sayyid As-Syarif Alawi bin Abbas Al-Maliki oleh putranya,

yang juga merupakan adik dari As-Sayyid Muhammad yaitu As-Sayyid Abbas Al-Maliki, juga seorang ulama,

tetapi lebih dikenali dengan suara merdunya dan pembaca Qasidah yang paling utama di Arab Saudi.

Biografi ini mengandung tulisan berkenaan As-Sayyid Alawi dari ulama di seluruh dunia Islam

Keluarga Al maliki juga telah melahirkan banyak lagi ulama lain.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang keluarga Sayyid Maliki, bisa merujuk

pada tulisan-tulisan berkaitan sejarah Makkah dan ulamanya di abad-abad mutakhir

Sosok dan Kepribadian

pribadi yang ramah dan disegani
Beliau adalah salah seorang ulama Islam yang utama pada dasawarsa ini tanpa diragukan lagi,

ulama yang paling hihormati dan dicintai di kota suci Makkah.

Sejak kecil hidup dalam keluarga sholeh yang penuhy dengan keberkahan telah mempengaruhi kehidupan beliau.

Tumbuh berkembang dengan baik dalam perjalanan hidup,

di atas jalan para salaf-salafnya sesuai dengan tuntunan dan bimbingan langsung dari ayahnya

Pada awal pendidikan, dari ayahnya, beliau telah belajar ilmu nahwu, fiqh, tafsir, hadits dan hifdzul Qur'an.

Ayah beliau As-Sayyid Alawi, seorang ulama paling berilmu di Makkah merupakan guru pertama dan utama beliau

Ayahandanya sendirilah yang mendidik dan mengasuh beliau sehingga menjadi seorang yang cerdas dan piawai dalam masalah-masalah keagamaan,

mengajar beliau secara pribadi di rumah dan juga di Masjidil Haram, di mana beliau menghafal Al-Quran sejak kecil.

Di antara kawan-kawan, beliau masyhur dengan ketekunan, kebaikan dan akhlak yang luhur

Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasani sudah mulai mengajar sebelum baligh, saat usianya sangat muda.

Atas perintah ayahandanya, as-Sayyid Alawi bin Abbas al-maliki.

As-Sayyid Alawi memerintahkan puteranya itu agar mengajar setiap kitab yang sudah dikhatamkannya.

Bahkan sebagai pelajaran dan untuk memberi dukungan kepada puteranya, as-Sayyid Alawi menyuruh agar menghadiri majelis putranya

Beliau senantiasa tekun mengajar ilmu-ilmu Islam dan sejarah, sehingga menjadi rujukan manusia

untuk meminta fatwa atau mendengarkan setetes dari samudera ilmu yang Allah anugerahkan kepadanya

Halaqah ilmiah beliau cukup dikenal oleh penduduk Makkah.

Halaqoh ini merupakan tradisi ilmiah turun temurun selama ratusan tahun lamanya yang senantiasa ditekuni oleh datuk-datuk beliau

yang semula bertempat di Masjidil Haram dan pada akhirnya dipindahkan ke kediaman beliau

Pendidikan

Degan arahan ayahandanya yaitu As-Sayyid Alawi, Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al maliki juga turut mempelajari dan mendalami pelbagai ilmu Islam

seperti Aqidah, Tafsir, Hadits, Fiqh, Ushul, Mustalah, Nahwu dan lain-lain pada ulama-ulama besar lain di Makkah serta Madinah

Kesemua ulama tersebut telah memberikan ijazah penuh kepada beliau

untuk mengajarkan ilmu-ilmunya yang telah dipelajari oleh As Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasani

Ketika beliau berumur 15 tahun lagi, Abuya telah mengajar kitab-kitab Hadith dan Fiqh di Masjidil Haram, kepada pelajar-pelajar lain, dengan arahan guru-gurunya.

Selain belajar di Makkah, beliau diantarkan oleh ayahandanya untuk menuntut ilmu di Universitas Al-Azhar As-Syarif

Beliau menerima ijzah Ph.D dari Al-Azhar ketika berusia 25 tahun,

menjadikan beliau warga Arab Saudi yang pertama dan termuda menerima ijazah PhD dari Al-Azhar.

Tesis beliau berkenaan hadits telah dianggap cemerlang

dan menerima pujian yang tinggi dari alim ulama di Al-Azhar ketika itu, seperti Imam Abu Zahrah

Perjalanan menuntut ilmu merupakan jalan kebanyakan ulama. Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki juga turut tidak ketinggalan.

Beliau bermusafir sejak usia muda untuk menuntut ilmu dari mereka yang memiliki ilmu

Beliau telah bermusafir dengan banyak ke Afrika Utara, Mesir, Syria, Turki, dan rantau Indo-Pak

untuk belajar dari alim-ulama yang hebat, bertemu para Wali Allah,

menziarahi masjid-masjid dan maqam-maqam, serta mengumpulkan manuskrip-manuskrip dan kitab

Di setiap tempat ini beliau menemui para ulama dan auliya yang agung, dan mengambil faidah daripada mereka.

Mereka juga turut tertarik dengan pelajar muda dari Makkah ini dan memberi perhatian istimewa untuk beliau

Kebanyakan mereka telah pun sangat menghormati bapa beliau yang alim, dan merupakan satu kebanggaan memiliki anak beliau sebagai murid

Sanad Keilmuan

Jajaran Guru Ijazah Karya Sayyid Muhammad Alawi
Sistem pengajian yang menjaga tradisi yang berdasarkan kepada ijazah atau "ijin" untuk menyampaikan ilmu; bukan semua orang boleh mengajar.

Hanya mereka yang memiliki ijazah yang diberikan oleh alim-ulama yang telah termashyur keilmuannya saja yang boleh mengajar

Setiap cabang pengetahuan dan setiap kitab Hadits, Fiqh, Tafsir dan lain-lain, mempunyai Sanad-sanad,

atau rantaian riwayat yang bersambung sehingga kepada penyusun kitab tersebut sendiri melalui anak-anak murid mereka

Banyak sanad-sanad yang penting, seperti sanad Al-Qur'an, Hadits dan Tasawwuf bersambung sehingga kepada Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam

Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki mendapat penghormatan dengan menjadi Ulama dengan bilangan ijazah terbanyak di masanya.

Beliau juga memiliki rantai sanad terpendek atau terdekat dengan datuknya, nabi Muhammad SAW


Di Tanah Arab, tanah kelahirannya, dan dalam pemusafiran ilmunya, Abuya Sayyid Muhammad mendapat lebih dari 200 ijazah

dari alim-ulama teragung di zamannya, di setiap cabang ilmu Islam.

Ijazah beliau sendiri, yang beliau berikan kepada murid-muridnya adalah antara yang paling berharga dan jarang di dunia,

menghubungkan anak-anak muridnya dengan sejumlah besar para ulama agung.

Para Masyaikh yang memberikan Abuya Sayyid Muhammad ijazah-ijazah mereka merupakan ulama besar dari seluruh dunia Islam

Sesungguhnya Ijazah dan Sanad dalam ilmu-ilmu agama mempunyai kedudukan yang sangat besar dan penting sekali

karena peranan rangkaian transmisi sanad yang menjadi mata rantai sambung sinambung dari generasi ke generasi

dalam penjagaan Syariah dari pemalsuan dan pengubahan, dan menjaga keotentikannya secara ketat dari penambahan dan pengurangan

Dengan kata lain bahwa orang yang mempunyai sanad dan ijazah, ilmunya dapat dipertanggungjawabkan,

berbeda dengan orang yang tidak mempunyai sanad, setinggi apapun ilmunya tetapi tidak diketahui siapa gurunya

dan dari mana mengambilnya maka keberadaannya tetap diragukan

Sanad adalah Qodhiyyah (permasalahan) agung dalam Islam, dalam agama dan dalam umat, karena kita tahu

bahwa Umat nabi Muhammad SAW diberi ekselensi oleh Allah Ta'ala dengan tersambungnya sanad,

matarantai sambung sinambung dari generasi ke generasi dalam menerima Al-Qur'an dan Sunnah,

dan Allah Ta'ala telah menurunkan Qur'an sekaligus menjamin sendiri penjagaannya

Umat Islam telah menetapkan bahwa ilmu agama ini adalah agama,

maka lihatlah dari siapa kamu mengambil agamamu. Juga telah menetapkan bahwa sanad adalah bagian dari agama

Andaikata tanpa sanad, maka siapapun akan berbicara semaunya tanpa ada pertanggung jawaban referensi.

Dan Abuya Sayyid Muhammad telah mengambil dan menerima Ijazah dari lebih dari 200 Ulama

dari selruuh penjuru dunia di dalam ilmu Hadits, Fiqih, Tafsir dan lain-lain dengan sanad muttashil,

mata rantai yang tak terputus sampai pada kakaek beliau, Nabi Muhammad SAW

Berikut diantara beberapa nama Guru Abuya berdasarkan nama negara mereka :

Guru Dari Mekkah Dan Madinah

Ayah sekaligus guru utama beliau, sosok yang selalu dibangga-banggakan dan tak lekang disebut di setiap majlis beliau,
  1. Sayyid Alawy bin Abbas Al - Maliky
  2. Syaikh Muhammad Yahya bin Aman
  3. Syaikh Muhammad al-Arabi at-Tabbani
  4. Syaikh Hasan bin said Yamani
  5. Syaikh Hasan Muhammad al-Massyath
  6. Syaikh Muhammad Nur Saif Hilal
  7. Sayyid Muhammad Amin Kutbi
  8. Sayyid Ishaq bin Hasyim Azzuz
  9. Syaikh Ibrahim Daud Fathoni
  10. Syaikh Muhammad Yasin bin Isa Padang
  11. Sayyid Hasan bin Muhammad Fad'aq
  12. Sayyid Abdul Qodir bin Aydrus Albar
  13. Syaikh Muhammad Khalil Thoybah
  14. Syaikh Hasan bin Ibrahim as-Sya'ir, Guru para ahli Qiroat di Madinah
  15. Syaikh Muhammad bin Ibrahim al-Mubarok al-Ihsani
  16. Syaikh Muhammad al-Mustofa bin al-Imam bin Abdul Qodir Al-alawy as-Syinqithy
  17. Syaikh Muhammad Dhiyauddin Ahmad bin Abdul Adzim al-Qodir al-Madani
  18. Syaikh Abdul Ghofur bin Syah Sayyid al-Abbasi al-Madani an-Naqsyabandi


Guru Dari Yaman Dan Hadhramaut

  1. Habib Umar bin Ahmad bin Smith
  2. Habib Alwi bin Abdillah bin Syihab
  3. Habib Muhammad bin Alwi bin Syihab
  4. Habib Abdurrohman bin Abdillah bin Alwi aal-Atthos
  5. Habib Ahmad Masyhur Thoha al-Haddad
  6. Habib Alwi bin Abdillah Asseggaf Alu al-Qodhi
  7. Habib Muhammad bin Salim bin Hafidz
  8. Habib Ali bin Salim bin Ahmad bin Hasan al-Atthas
  9. Habib Hasan bin Abdillah as-Syathiri
  10. Habib Atthos bin Abdillah al-Habsy
  11. Habib Abdul Qodir bin Ahmad Asseggaf


Guru Dari Maroko, Tunisi Dan Aljazair

  1. Syarif Abdul Kabir bin Muhammad Al-Mahi
  2. Sayyid Abdullah bin Muhammad as-Shiddiq al-Ghumari
  3. Syaikh Muhammad al-Muntashir bin Muhammad az-Zamzami al-Kittani
  4. Sayyid Abdullah bin Muhammad Qannun al-Hasani
  5. Syaikh al-Faruqi bin ar-Rahhali al-Murrokisyi
  6. Syaikh Muhammad Thohir bin Asyurat-Tunisi
  7. Syaikh at-Thoyyib bin al-Maulud bin Musthofa al-Jazairi


Guru Dari Mesir

  1. Syarif Muhammad al-Hafidz at-Tijani
  2. Syaikh Hasanain bin Muhammad Makhluf, Mufti Mesir
  3. Syaikh Sholeh bin Muhammad al-Ja'fari
  4. Syaikh Amin bin Mahmud Khatthab as-Subki al-Mashri
  5. Syarif Muhammad bin Ibrahim al-Khalwati
  6. Al-Mu'ammar (Orang yang panjang umurnya, lebih dari 100 tahun),
  7. Syaikh Muhammad bin Abdillah bin Ibrahim al Aqquri (salah satu murid Syaikh Ibrahim al Bajuri


Guru Dari Negara Syam

  1. Syarif Muhammad al-Makki bin Muhammad al-Kittani
  2. Syaikh Hasan bin Muhammad Marzuq Habannakah
  3. Syaikh Muhammad Sholeh bin Abdillah al-Farfur al-Hasani
  4. Syaikh Muhammad Said bin Ahmad al-Idlibi ar-Rifa'i
  5. Syaikh Muhammad Abu-L Yusr bin Muhammad Abi-L Kheir bin Ahmad Abidin al-Hasani, Mufti Diyar Syamiyah


Guru Dari India Dan Pakistan

  1. Syaikh Muhammad Zakaria bin Muhammad Yahya al-Kandahlawi, Syaikh Hadits di Saharanpur
  2. Syaikh Habiburohman bin Muhammad Shobir bin Inayatulllah al-A'dzomi, Syaikh Hadits di Madzaharil Ulum,
  3. Syaikh Sayyid Muhammad Yusuf bin Muhammad Zakaria al-Bannuri, Syaikh Hadits di Karatchi
  4. Syaikh Muhammad Syafi' bin Muhammad Yasin al-Utsmani ad-Deobandi, Mufti Pakistan
  5. Syaikh Dhofar Ahmad al-Utsmani at-Tahanawi al-Hindi
  6. Syaikh Muhammad Ibrahim al-Brilawi
  7. Syaikh Sayyid Fakhruddin Ahmad al-Murodabadi, Syaikh Hadits d Deoband
  8. Syaikh Mufti Sayyid Mahdi Hasan as-Syahijhanburi
  9. Syaikh Mufti Mahmud bin Syaikh Shiddiq al-Milnani
  10. Syaikh Muhammad Yusuf bin Muhammad Ilyas al-Kandahlawi
  11. Syaikh In'amul Hasan
  12. Syaikh Muhammad Andhor Syah bin Muhammad Anwar Syah al-Kasymiri
  13. Syaikh Mufti Musthofa bin al-Imam Ahmad Reza Khan al-brilawi Al Hindi
  14. Syaikh Abu-L Wafa al-Afghani al Haydaabadi
  15. Guru Dari Indonesia
  16. Habib Ali bin Abdurrohman al-Habsy
  17. Habib Ali bin Husain bin Muhammad al-Atthas
  18. Habib Hamid bin Hamid
  19. Habib Muhammad bin Ahmad bin Zain al-Haddad
  20. Habib Syekh bin Salim bin Umar al-Atthas
  21. Habib Salim bin Ahmad bin Jindan
  22. Habibi Muhammad bin Salim bin Ahmad al-Atthas
  23. Habib Adurrohman bin Abdillah al-Habsyi
  24. Habib Muhammad bin Ahmad bin Hasan al-Kaf
  25. Sejumlah Imam Besar Yang Mana Abuya Meriwayatkan Dari Mereka
  26. Syaikh Muhaddits Muhammad Zakaria al-Kandahlawi, Guru Besar ilmu Hadits di India
  27. Syaikh Muhaddits Habiburrohman al-A'dzomi, Guru Besar ilmu Hadits
  28. Syaikh Muhaddits Muhammad Yusuf al-Bannuri, Karatchi
  29. Syaikh Muhammad Syafi', Mufti Pakistan
  30. Sayyid Hasan bin Ahmad bin Abdul Bari al-Ahdal al-Yamani, Munshib al-Muro'ah
  31. Sayyid Musnid al-Arif Billah Makki bin Muhammad Ja'far al-Kittani ad-Dimasyqi
  32. Syaikh Faqih, Guru Besar para Ulama' Hasanain bin Muhammad Makhluf, Mufti Mesir
  33. Syaikh Muhaddits Amin bin Mahmud Khattbah as-Subki al-Mashri
  34. Syaikh Muhammad Abdullah Arobi al-Mashri, yang dikenal dengan sebutan al-Aqquri, Murid Syaikh al-Bajuri


Dan beliau meriwayatkan juga dari Al-Amir As-Shoghir secara langsung tanpa perantara,

maka silsilah sanad beliau berada dalam puncak tertinggi

Karir dan Pengabdian


Sayyid Muhammad Alawi, sebagaimana tradisi Masayikh yang lain, juga seperti keturunannya sebelum beliau,

mengajar hanya karena Allah dan tidak mengharapkan keuntungan material langsung

"Surga itu tidak gratis Belilah surga itu dengan hartamu, amalmu, dan dengan tenagamu"


Beliau menempatkan sejumlah besar pelajar di rumahnya sendiri, menyediakan untuk mereka

makan minum, penginapan, pakaian, kitab-kitab serta segala keperluan mereka

Sebagai balasan, mereka hanya diminta mengikuti peraturan dan etika penuntut ilmu agama yang suci.

Pelajar-pelajar ini biasanya menetap bersama beliau bertahun-tahun lamanya,

mempelajari pelbagai cabang ilmu Islam, dan seterusnya kembali ke negeri masing-masing

Ratusan dari para pelajar telah menuntut ilmu kepada beliau dan telah menjadi pelopor pengetahuan Islam

dan kerohanian di negara mereka, terutamanya di Indonesia, Malaysia, Mesir, Yaman dan Dubai

Sepulang dari Al Azhar, Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki dilantik sebagai Profesor Pengajian Islam di Universitas Ummul Quro di Makkah, sejak tahun 1970.

Pada tahun 1971, ketika ayahanda beliau meninggal dunia, para ulama Makkah meminta beliau untuk menggantikan tempat ayahandanya sebagai guru di Masjidil Haram


Beliau menerimanya lantas menduduki kedudukan yang telah diduduki oleh keluarganya lebih dari seabad.

Beliau juga kadang kala mengajar di masjid nabi di Madinah. Kuliah pengajian beliau merupakan kuliah yang paling ramai dihadiri di kedua Tanah Haram

Bagaimanapun pada awal tahun 80-an, beliau telah mengosongkan kedudukan mengajarnya di Universitas Ummul Qura juga di Masjidil Haram,

hal ini disebabkan fatwa dari sebagian ulama Fanatik WAHHABI, yang menganggap keberadaan beliau sebagai ancaman kepada ideologi dan kekuasaan mereka

Sejak itu, beliau mengajar kitab-kitab agung Hadits, Fiqh, Tafsir dan Tasawwuf di rumah di Jalan Al-Maliki di sistrik Rusayfah, Makkah.

Kuliah-kuliah umumnya antara waktu maghrib dan Isya dihadiri tidak kurang 500 orang setiap harinya

Banyak pelajar dari Universitas disana menghadiri pengajian beliau di waktu malam.

Sehingga malam sebelum beliau meninggal dunia, majlisnya dipenuhi penuntut ilmu

Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki sangat dihormati oleh Kerajaan Arab Saudi

dan selalu diminta nasihatnya oleh Raja Saudi dalam urusan-urusan yang penting

Beliau juga dilantik sebagai ketua dewan juri dalam Musabaqah Qur'an antar bangsa di Makkah selama tiga tahun berturut-turut

Karya Dan Tulisan

Sayyid Muhammad merupakan seorang penulis yang menghasilkan hampir seratus (100) buah kitab.

Beliau telah menulis dalam pelbagai topik agama, undang-undang, sosial serta sejarah.

Kebanyakan bukunya dianggap sebagai rujukan utama dan perintis kepada topik yang dibicarakan

dan dicadangkan sebagai buku teks di Institusi-institusi Islam di seluruh dunia

Beliau mempunyai karya yang sangat banyak, beliau adalah penulis produktif sejati

bahkan terus menulis sampai beberapa hari menjelang wafatnya.

Karya-karya beliau ada yang sudah dicetak dan beredar luas di dunia Islam dan ditranslit ke banyak bahasa, sekitar 80 karya,

sementara masih berupa manuskrip, dari pendataan yang pernah kami lakukan, ada lebih dari 300 judul.

Di antara karya dan karangan beliau adalah :

  1. Dirosat Haula al-Muwattho'
  2. Fadhl-ul Muwattho'wa Inayat-ul Ummah al Islamiyyah bihi
  3. Dirosah Muqoronah an riwayaat-il Muwattho'al-Imam Malik
  4. Syubuhat Haula-L Muwattho'wa Rodduha
  5. Imamu Dar-il Hijroh, Malik bin Anas
  6. Al-Insan al-Kamil
  7. Tarikh al-Hawadits wal Ahwal an-Nabawiyyah
  8. Ad-Dakhoir al-Muhammadiyah
  9. Mafahim Yajib an Tushohhah (Masterpiece beliau yang mendunia)
  10. Manhaj-us Salaf fi Fahm-in Nushush, bainan Nadhoriyah wat Tathbiq (Sekuel dari Mafahim)
  11. Khosho-is al-Ummah al-Muhammadiyah
  12. At-Tahdzir Minal Mujazafah bit Takfir
  13. Haul-0al Ihtifal
  14. Huwallah
  15. Madza Fi Sya'ban
  16. Tahqiq-ul Amaml fi maa yanfa'ul mayyit min=al A'mal
  17. Az-Ziyaroh an-Nabawiyyah, baina-sSyar'iyyah wal Bid'iyyah
  18. Sari'atullah al-Khalidah
  19. Qul Hadzihi Sabili
  20. Al-Hajj
  21. Fi Rihabil Baitil Haram
  22. Al-Qowaid al-Asasiyyah fi Ulumil Qur'an
  23. Al-Qowaid al-Asasiyyah fi Ushulil Fiqh
  24. Al-Qowaid al-Asasiyyah fi Mustholahil Hadits
  25. Al-Manhal al-Lathif
  26. Khulashah Syawariqul Anwar
  27. Duru'ul Wiqoyah
Sumber: Alawy Aly Imron, Alumni Masyru' Al Maliki 2004-20014 PP. Nuur al Anwar Parengan-Lamongan


Figur Seorang Murobbi

Abuya Sayyid Muhammad Alawi merupakan seorang Murobbi yang mengajarkan islam dan pembimbing jiwa yang sesungguhnya.

Beliau telah bermusafir ke benua Asia, Afrika, Eropa dan Amerika, menyeru manusia

ke arah kalimah Allah dan Rasul terakhir-Nya Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam.

Di Asia Tenggara khususnya, Abuya Sayyid Muhammad secara pribadi telah membangun dan membiayai leibh 70 buah sekolah Islam untuk melawan Kristenisasi.

Sejumlah besar penganut Kristen dan Budha telah memeluk Islam di tangannya hanya setelah melihat "Nur Muhammad" yang bersinar di wajahnya

Kemana saja beliau pergi, para pemimpin, ulama dan masyarakat di tempat tersebut akan menyambutnya dengan penuh meriah.

Beliau seringkali memberi ceramah kepada ratusan ribu manusia

Beliau amat disayangi dan dicintai oleh Muslimin di seluruh dunia, bukan saja karena beliau keturunan Rasulullah,

tetapi juga karena ilmunya yang luas, hikmahnya, akhlak serta watak kerohaniannya. Beliau juga amat terkenal amat pemurah dengan ilmu, kekayaan dan masanya


Potret Keberanian Sejati

Al Jannah Mahil Balasyi


Kalimat yang pertama diatas dikatakan oleh as Sayyid Muhammad al Maliki, imam Ahlus Sunnah wal Jama'ah abad ini,

yang oleh murid-murid dan pencintanya beliau akrab dipanggil "Abuya"

Bagi murid-murid dan pecinta beliau, mutu manikam ini sudah tidak asing lagi.

Mengingat asbabul wurud dan moment keluarnya kalimat tersebut dari lisan Abuya Sayyid Muhammad sungguh sangat fenomenal

Kalimat tersebut diucapkan oleh Abuya Sayyid Muhammad ketika beliau sudah diputuskan

untuk di "i'dam" (hukum penggal) oleh pemerintah Saudi, sebagai negeri asal beliau

Ketika itu sekitar tahun 70-an Abuya As Sayyid Muhammad Alwi Al Maliki Al Hasani

mendapat panggilan dari Raja Saudi, ketika itu masih Raja Fahad bin Abdul Aziz.

Kertas surat panggilannya berwarna merah. Semua masyarakat Saudi mafhum

jika ada penduduk Saudi dipanggil pemerintah dengan surat panggilan berwarna merah, pasti yang bersangkutan di i'dam

atau paling tidak kalau memang tidak di i'dam, dipenjaraSebelum memenuhi panggilan Raja,

Abuya Sayyid Muhammad memerintahkan kepada murid-muridnya untuk membacakan aurad dan adzkar untuk keselamatan beliau.

Murid-murid beliau yang biasanya setiap hari tiada henti belajar,

saat itu kegiatan belajar mengajar di Masyru'nya (Masyru': istilah untuk pesantren Abuya)

dihentikan Hanya diisi dengan Aurad dan Adzkar saja.

Dan saat itu beliau senantiasa berwasiat kepada santri-santrinya agar mereka tetap teguh

dan tidak goyah untuk meneruskan perjuangan beliau, jika beliau dalam waktu dekat sudah tidak lagi bersama mereka

Tiga hari sebelum diwajibkannya Abuya Sayyid Muhammad menghadap Raja,

beliau sudah berada di Riyadl, sebagai ibu kota Saudi Arabia.

Saat itu beliau dikhoddami murid beliau, Al Habib Abdul Qodir Al Haddad Jakarta (alm).

Abuya Sayyid Muhammad menuturkan kepada murid-muridnya bahwa

selama tiga hari itu beliau selalu dirawuhi Sayyidatuna Khadijah dan Sayyidina Hamzah

Tepat pada hari dimana Abuya Sayyid Muhammad diwajibkan datang ke Istana Raja,

beliau dijemput oleh Amir Salman (yang saat ini sudah menjadi Raja Saudi).

Sebagai catatan, bahwa saat itu jika ada penduduk Saudi yang ada masalah dengan pemerintah Saudi

dan diputuskan untuk di i'dam, pasti Salman yang mengurusnya

Pertamakali Salman bertemu Sayyid Muhammad, dia langsung berkata kepada Sayyid Muhammad,

"Ya Muhammad, jika ada penduduk Saudi dipanggil pemerintah menggunakan kertas merah

dan saya yang mengurusinya, tentu kamu sudah tahu mau diapakan orang tersebut"


Salman bermaksud menggertak dan mengkerdilkan hati Abuya Sayyid Muhammad .

Akan tetapi digertak seperti itu, Abuya Sayyid Muhammad sama sekali tidak gentar.

Mendengar ucapan Salman itu, justru Abuya Sayyid Muhammad malah seperti Macan dibangunkan dari tidurnya.

Saat itulah beliau menjawab

"Al Jannah Ma Hi Balasy, Ya Salman" (Surga tidak gratis, hai salman).


Allahu Akbar, sebuah kalimat yang benar-benar mencerminkan keberanian pengucapnya

Singkat cerita, entah apa yang terjadi pada Raja Fahad, ahkirnya hari itu Sayyid Muhammad

tidak jadi bertemu dengan Raja Fahad, karena Fahad akan bepergian ke luar negeri.

Dan Abuya Sayyid Muhammad sudah diperbolehkan pulang ke Makkah

Semua heran atas sikap Fahad yang langsung berubah 360 derajat, apakah benar dia urung meng-"idam"

Sayyid Muhammad hanya karena lantaran dia sibuk akan bepergian atau entah karena sebab yang lain, wallahu a'lam.

Sampai sekarang tidak ada yang mengetahui penyebabnya

Tetapi, mendengar bahwa Raja urung menemui Abuya Sayyid Muhammad dan memperbolehkan beliau untuk pulang ke Makkah,

lagi-lagi Abuya Sayyid Muhammad menunjukkan kewibawaan beliau yang besar dengan berkata,

"Saya datang ke Riyadl karena dipanggil Raja.

Dan saya tidak akan kembali ke Makkah kalau masih belum bertemu Raja.

Atau paling tidak aku harus bertemu Raja walau hanya sebentar.

Kalau tidak, aku akan menunggu Raja sampai dia kembali ke Saudi.

Pokoknya, aku harus bertemu raja.

Sebab aku ke Riyadl karena dipanggil Raja"


suasana tegang antara raja faisal bersama abuya muhammad ibn alawi


Demikian Abuya Sayyid Muhammad menunjukkan kejantanannya kepada Salman.

Dihaturkanlah perkataan Abuya Sayyid Muhammad kepada raja.

Dan akhirnya Raja Fahad memberikan waktunya sebentar di Bandara

untuk bertemu dengan Abuya Sayyid Muhammad, sesaat sebelum naik pesawat

Pertemuan itu dibabadikan dalam sebuah foto fenomenal yang sampai sekarang sering kita lihat.

Dimana difoto itu Sayyid Muhammad dan Raja Fahd sama-sama duduk di kursi.

Kalau kita cermati foto tersebut, ekspresi beliau berdua sudah sangat mewakili suasana saat itu.

Tegang. ya kesan tegang itulah yang akan kita tangkap dari suasana saat itu

Konon, saat beliau akan kembali ke Makkah, bukannya beliau malah terkena hukuman,

tapi justru beliau diberi hadiah oleh Raja Fahad.

mungkin hal itu dilakukan oleh Fahad, karena ketakjubannya akan keberanian Abuya Sayyid Muhammad

Ditulis oleh : KH. Muhammad Hasan Abd. Muiz, Pengasuh pesantren Sayyid Muhammad Alawi al Maliki Bondowoso, alumni Abuya Sayyid Muhammad al maliki angaktan 2006-2013


Sumber : Majalah Mafahim Edisi : Thn II/19/Juli 2015


Tokoh yang Sangat Dermawan

kisah teladang ulama ahlussunnah makkah


Pada bulan haji, selesai tawaf di masjidil haram makkah, kami sa'i

bersama Abuya As Sayid Muhammad alawi Al Maliki dan sebagian dari tolib dahkhili.

Sembari mendorong kereta duduk beliau, kami mengelilingi beliau,

agar tidak disalami banyak orang di tempat yang begitu banyak kerumunan seperti saat itu.

Setelah usai sa'i kami keluar, sementara ustad Thoriq diminta untuk mencari taksi

Beberapa saat kemudian sebuah mobil GMC

yang digunakan sebagai taksi datang, cukup untuk membawa kami semua.

Taksi tersebut didapat dengan harga 150 real, harga yang terbilang lumayan mahal.

Kamipun menempati tempat duduk masing masing,

ABUYA mulai membuka pembicaraan dengan sopir yang akrab diantara mereka berdua.

Ternyata sopir itu dulu pernah mengaji juga pada ASSAYID ALAWI.

Maka makin asyiklah pembicaraan tersebut, tampak akrab antara beliau dan sopir tersebut,

menelusuri jalanan Makkah yang karena kondisi itu semua dialihkan melalui tempat yang jauh jauh.

Abuya sesekali membahas jalanan MAKKAH, madrasah dan beberapa bahasan lain dengan sang sopir.

Lalu Abuya menoleh pada teman yang membawa tas pribadinya yang berisi uang dan berkata dengan sangat pelan ;

"Tambahi 59".


Pembicaraanpun kemudian berlangsung lebih akrab lagi, lalu beliau menoleh dan berkata :

"tambahi 50"


Pembicaraan pun masih berlanjut dan sekali lagi Abuya menoleh sambil berkata perlahan :

"Tambahi 100, tambahi 100"


dan seterusnya, hinggga uang yang dimasukkan dalam amplop yang sedianya

berisikan uang 150 real untuk sopir taksi tersebut hingga berjumlah 600 real

Sesampai didepan rumah, sopir taksi langsung cepat keluar membukakan pintu untuk beliau,

lalu Abuya meminta amplop yang sudah dipersiapkan tadi.

Oleh teman, amplop itu lalu diberikannya lewat belakang punggung Abuya sebagai TAADUBAN.

Lalu Abuya memberikan amplop pada sopir tersebut.

Sopir itu langsung menolak sambil bersumpah. Sumpah :

"Demi Allah, kalau aku tahu yang menawar mobilku adalah antum, aku tidak akan mematok harga.


"Lalu apa jawaban beliau ....? ....


Beliau menjawab :

Ya ahki, ana tahu kalau engkau ikhlas dalam mengantarkan kami,

namun bukankah Allah berfirman (Dan bukankah balasan dari kebaikan adalah kebaikan pula)


Akhirnya sopir tersebut dengan berat menerima pemberian yang terbalut dengan kalimat seindah itu.

Entahlah apa perasaan sopir tersebut setelah mematok harga 150 rial

bahkan mendapatkan 600 real, dengan tidak mengerti kalau orang itu adalah As-Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki

Sumber : Majalah New Mafahim - Hai'ah Ash-Shofwah Al-Malikiyyah


Metode Dakwah: Pendekatan Ummat

Abuya Sayyid Muhammad Alawi mengikuti dan menelusuri tradisi arus utama dan majoritas dalam Islam,

jalan Ahlu Sunnah Waljamaah, jalan toleransi dan sederhana, pengetahuan dan kerohanian,

serta kesatuan dalam kepelbagaian. Beliau percaya kepada prinsip berpegang dengan empat mazhab yang mashur tetapi tanpa fanatik

Beliau mengajarkan rasa hormat kepada ulama dan aulia yang agung.

Beliau menentang sikap sewengan-wenang yang mengatakan muslim lain sebagai Kafir dan Musyrik,

yang telah menjadi tanda dan sifat utama sebagian kelompok di waktu terakhir ini


Beliau amat menentang dan kritis terhadap mereka yang digelari reformis (Islah) abad ke-20 yang dengan mudah

ingin menghapuskan Islam generasi terdahulu menggunakan nama Islam suci

Beliau juga memahami bahwa "mencela" penganut Ash'ari, atau penganut Hanafi, Syafi'e dan Maliki, penganut sufi,

seperti yang dilakukan oleh sebagian kelompok di jaman ini adalah sama dengan mencela keseluruhan umat Islam ribuan tahun yang lampau.

Itu hanya merupakan sifat pendekatan musuh Islam, dan bukannya saudara sesama muslim

Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki juga amat mempercayai bahwa ulama ulama Mazhab yang agung mengikuti Sunni-Sufi

sejak beratus tahun yang lalu, adalah penghubung kita kepada Al-Quran dan Assunnah,

dan bukanlah penghalang antara keduanya dengan kita, seperti yang dipercayai sebagian pihak yang mengaku memurnikan ajaran Islam


Pemahaman yang benar berkenaan Al-Quran dan Sunnah ialah pemahaman yang berdasarkan kepada tafsiran para ulama islam,

dan bukan dengan prasangka kelompok yang ekstrim di zaman modrn ini, yang tidak berpikir dua kali sebelum mencela mayoritas Muslim di seluruh dunia

Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki juga berpendapat mayoritas umat ini adalah baik.

Kelompok kelompok minoritas yang fanatik dengan pemikiran kelompoknya saja yang perlu mengkaji kembali pemahaman ekstrim mereka

Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasani merupakan pendukung sufi yang berdasarkan syariah, sufi para Auliya' agung dan para shalihin dari umat ini.

Beliau sendiri merupakan guru ruhani di tingkat yang tertinggi, melalui para masyaikh thariqah yang agung.

Beliau turut mempercayai bahwa membaca dzikir, secara sendiri atau berkelompok, adalah bagian penting dalam kerohanian seseorang.

Semua murid-murid beliau diharuskan bertahajjud dan membaca wirid pada pagi dan petang hari


Sayyid Muhammad juga menganjurkan ummat Islam perlu menggunakan segala upaya

untuk meningkatkan taraf umat ini dari sisi kerohanian, kemasyarakatan dan juga material

Umat ini hendaknya tidak membuang masa masa yang berharga dengan bertikai pada perkara-perkara kecil.

Beliau percaya seorang muslim tidak seharusnya mencela satu sama lain

dalam perkara yang menjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama, mereka sebaliknya

harus bahu membahu untuk memerangi apa yang telah disepakati sebagai kejahatan dan dosa


Pandangan dan pendirian Sayyid Muhammad ini digambarkan dalam tulsannya yang terkenal,

Mafahim Yajib An Tusahhah (Paham Yang Perlu Diluruskan),

sebuah buku yang mendapat penghargaan secara luas di selruuh dunia Islam dan diiktiraf tinggi di lingaran para ulama

Tutup Usia

wafat hari Jumat 20 Oktober 2004 (15 ramadhan 1425 H)
Mekkah dan dunia Islam menangis, saat hari Jumat 15 ramadhan 1425 H atau bertepatan dengan

tanggal 20 Oktober 2004 Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al maliki Al hasani menghadap ke hadirat Sang Ilahi

Jam menunjukkan sekitar pukul 6 pagi saat itu,

berita wafatnya Abuya AsSayyid Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasani menimbulkan kepanikan warga Mekkah

Saat itu jalan menuju Hay al Rashifah dipadati kendaraan dan manusia.

Lautan manusia mengantar jasad beliau ke pemakaman Al Ma'la. Ratusan ribu manusia membanjiri upacara pemakaman beliau

Semua orang menangis dan sangat bersedih. Ini merupakan satu situasi yang tidak dapat dilupakan.

Ketika jenazah Abuya hendak dishalatkan di Masjidil Haram, ribuan warga kota Mekkah bergantian mengusung jenazahnya.

Dikabarkan toko-toko di sekitar Masjidil haram yang dilewati jenazah mematikan lampu sebagai tanda dukacita.

Ribuan kaum muslimin yang berada di Mekkah menyaksikan penguburan beliau saat itu,

termasuk para pejabat, ulama, para santri yang datang dari seluruh pelosok negeri, baik dari luar Makkah atau dari luar negeri

Semuanya menyaksikan hari terakhir beliau sebelum disemayamkan, semua menyaksikan jenazah beliau

setelah disholati di Majidil Haram setelah sholat isya' yang dihadiri oleh tidak kurang dari sejuta manusia

Abuya as Sayyid Al Maliki Al Hasani dimakamkan di pemakaman Al-Ma'la

disamping makam istri Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bunda Khadijah binti Khuwalid

Selama tiga hari tiga malam rumahnya terbuka bagi ribuan orang yang ingin mengucapkan belasungkawa dan melakukan 'aza'.

Di hari terakhir aza' wakil raja Saudi Amir Abdullah bin Abdul Aziz dan Amir sultan datang ke rumah beliau

untuk memberikan sambutan belasungkawa dan mengucapkan selamat tinggal kepada pemimpin agama yang tidak akan dilupakan umat

kepergian sang murabbi
Beliau wafat meninggalkan 6 putera yakni :
  1. As-Sayyid Ahmad
  2. As-Sayyid Abdullah
  3. As-Sayyid Alwi
  4. As-Sayyid Ali
  5. As-Sayyid Al-Hasan
  6. As-Sayyid Al-Husein
dan beberapa putri-putri yang tidak bisa disebut satu persatu disini

Sebelum beliau wafat, berpulang menuju rahmat Allah, beliau sering berdoa untuk tiga hal yaitu :

  1. Ingin meninggal diantara murid-murid dan kitab-kitab beliau
  2. Orang yang menjadi Imam yang nantinya mensholati beliau di Masjidil Haram itu agar supaya seorang imam yang cinta kepada beliau, dan bukan orang yang benci atau memusuhi beliau
  3. Beliau meminta agar jenazahnya sebelum dikembumikan di Ma'la itu bisa masuk dulu ke dalam makam Sayyidatuna Khadijah (Istri baginda Rasulullah SAW).

    Dan pada kenyataannya semua yang beliau harapkan itu benar-benar diwujudkan oleh Allah SWT. Dan demikian inilah salah satu bukti kecintaan Allah kepad beliau


Beliau pergi pada bulan Ramadhan di pagi Jum'at, apalagi bukti yang diperlukan untuk menunjukkan penerimaan Allah?

Makkah menangisi kepergiannya, seluruh dunia Islam menangisi kehilangannya

Selamat tinggal ayah yang berhati baik.

Selamat tinggal sosok tubuh yang pernah menanamkan hikmah, ilmu, teladan dihati hati kami.

Selamat tinggal pemimpin umat yang tak bisa kami lupakan dalam pendiriannya dan keikhlasannya.

Selamat tinggal pahlawan yang jujur, ikhlas dalam amal dan perbuatannya

Selamat jalan ... selamat jalan, kebaikan dan kemulyaan engkau telah meliputimu semasa hidupmu dan disaat wafatmu.

Engkau telah hidupkan hari-harimu di dunia dengan mulia,

dan sekarang engkau telah terima balasan kebaikan disaat wafatmu pula dnegan mulia


Jika sekarang telah berpisah untuk sementara, maka kami pasti akan menyusulmu Insya Allah,

dan kita pasti akan bertemu dan berkumpul kembali.

Semoga Allah menganugerahkan beliau tempat yang tertinggi di Jannah, bersama-sama kekasihnya

dan datuknya Rasulullah Sallahu Alaihi Wasallam. Aaaamin aaamin ya robbal alamin

Penutup

Tidak diragukan lagi, kehadiran Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasani

merupakan rahmat buat ummat ini. Beliau merupakan warisan kekasih kita nabi Muhammad Shollallahu Alaihi Wasallam

Masyarakat Makkah dan madinah teramat mencintai beliau seperti mana dilihat pada saat mensolati jenazah beliau

Siapa saja yang pernah menemui beliau akan jatuh cinta kepada beliau.

Rumahnya di kota suci Makkah senantiasa terbuka sepanjang tahun untuk ulama dan para penuntut ilmu, juga ribuan orang yang ingin berziarah kepadanya

Beliau juga tidak kenal arti takut dalam berkata yang benar dan telah mengalami detik-detik kesulitan karena kebenaran.

Walau bagaimanapun pertolongan Allah senantiasa menyertai beliau. RadhiAllahu Anhu WaArdhaah. Amiin

Biografi dari kehidupan Abuya Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Al Hasani ini

bisa dirujuk pada tulisan yang hebat berjudul, Al-Maliki'Alim Hijjaz, karangan penulis dan sejarawan terkenal Makkah, Dr Zuhayr Kutbi

Wallahu A'lam. Wassallahu Ala Sayidina Rasulillah WaAla Alihi Wasohbihi Waman Walah,

Walhamdulillahi Rabbil'Alamin