Skip to main content

Sobat Mau Tahu Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Yang Baik Dan Benar? Baca Dulu Surat Lamaran Yang Ini Lengkap Untuk Semua Jenis Pekerjaan Sudah Terbukti Ampuh Langsung Diterima Kerja (Silahkan Share) Semoga Bermanfaat

Contoh surat lamaran pekerjaan saat ini sudah banyak dipublish oleh para blogger, dengan sangat mudah bisa sobat dapatkan di internet google tapi harus berhati hati karena tidak semua contoh surat yang ada itu baik dan benar sesuai dengan peraturan, format, serta tata bahasa yang baik dan sopan. Hal ini tidak bisa dianggap sepele karena akan berpengaruh pada masa depan pekerjaan sobat apakah akan diterima atau tidak oleh pihak perusahaan.




Sebenarnya tidak begitu sulit cara untuk membuat surat lamaran kerja yang baik secara gramatical dan tata bahasa yang benar tinggal melihat contoh format surat yang akan karuhun bagikan disini, caranya gampang tinggal di copy lalu paste pada notepad setelah itu baru disalin pada ms. word jangan langsung ditempelkan pada ms. word karena akan merubah format jadi acak acakan, setelah itu baru sobat edit dan sesuaikan isi surat sesuai dengan kebutuhan.

Sebenarnya keberadaan surat lamaran saat ini tidak terlalu dibutuhkan menurut karuhun bahkan mungkin suatu saat akan ditiadakan oleh perusahaan diganti dengan electronic mail atau lebih dikenal email yang lebih simple, irit dan cepat terkirim. Surat lamaran terbagi menjadi dua jenis yaitu umum dan yang bersifat khusus keduanya dibedakan berdasarkan posisi pekerjaan yang akan dilamar apakah akan melamar sebagai karyawan/pekerja biasa atau menginginkan posisi terntu (khusus) sesuai dengan kemampuan sobat. Untuk itu akan karuhun berikan contohnya secara lengkap.

inilah contoh membuat surat lamaran kerja dengan baik dan benar untuk pekerjaan

Contoh Surat Lamaran Umum

Jakarta, 20 November 2014

Kepada Yth :
HRD  PT. Angin Ribut
Jl. Mampang   Utara No. 1001
Legok Hangseur
Jakarta Selatan

Perihal  : Lamaran Kerja

Dengan Hormat

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari perusahaan PT. Angin Ribut  yang saya dapatkan dari koran harian Tukang Gossip pada tanggal 19 November  2014. Dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Semoga kualifikasi yang saya cantumka pada curricuculum vitae dapat dipertimbangkan  guna mengisi posisi perusahaan saat ini.  Berikut ini adalah data singkat saya

Nama                                    : Karuhun Gaul
Tempat / Tgl. Lahir              : Jakarta, 17 Agustus 1945
Pendidikan Terakhir             : S1 Blogger Jalanan
Alamat                                  : Jl. Mampang Utara No. 1001
Status                                    : Lajang

Saat ini saya dalam keadaan sehat walafiat, mampu mengoperasikan beberapa aplikasi komputer seperti MS. Office, Excell, Acces, disamping itu juga saya lancar berbahasa inggris. Kejujuran merupakan prioritas utama saya dalam melaksanakan setiap pekerjaan

Sebagai bahan pertimbangan serta melengkapi beberapa data yang diperlukan,  maka saya lampirkan data diri sebagai berikut :

1. Foto copy KTP
2. Foto copy Ijazah Terakhir
3. Foto copy Transkip Nilai
4. Foto copy Sertifikat Competensi
5. Foto copy Sertifikat PKL
5. Pas Photo
6. Daftar Riwayat HIdup

Wawancara adalah kesempatan terbaik bagi saya  untuk  menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk mengabdi di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Demikian surat lamaran ini saya buat, terimakasih atas segala perhatian dari Bapak / Ibu Personalia.


Jakarta, 20 November  2014


Hormat Saya,


Karuhun Gaul

 

Contoh Surat Lamaran Guru Sekolah

Jakarta, 20 November 2014

Kepada Yth :
Kepala Sekolah SMK BINA MAYA Jakarta
Di Tempat

Perihal  : Lamaran Kerja

Dengan Hormat,

Saya Karuhun, laki-laki usia 24 tahun telah menyelesaikan pendidikan dengan jurusan Informatika Dunia Maya di Universitas Google Jalanan tanggal 20 November 2014 dengan IPK 5,51. Saya sangat menyukai bidang menulis artikel serta memahami proses optimasi cara meningkatkan situs blog dengan teknik white SEO. Saya mempunyai pengalaman mengajar di SMK Antah Berantah Bintaro selama tiga hari. Saat ini saya sebagai pengelola utama web blogkaruhun.blogspot.com Berisi tentang blogging, berita terkini, tips dan trick serta pendidikan islam sejarah dan budaya.

Besar harapan saya bisa mengembangkan bakat dan potensi untuk mengembangkan anak didik di sekolah Bapak/Ibu, sebagai bahan pertimbangan berikut saya lampirkan :

1. Foto copy KTP 1 Lembar
2. Foto copy Ijazah Terakhir 1 Lembar
3. Foto copy Kartu Tanda Pencari Kerja 1 Lembar
4. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) 1 Lembar
5. Pas Photo 3 x 4  sebanyak 5 Lembar
6. Daftar Riwayat HIdup

Demikian lamaran ini saya buat buat sebenar benarnya, besar harapan saya dapat bergabung untuk mengembangkan pendidikan dan berkarya di sekolah Bapak/Ibu

Jakarta, 20 November  2014


Hormat Saya,


Karuhun Gaul


Contoh Surat Lamaran CPNS

Majalengka, 20 November 2014

Kepada Yth :
Bapak Gubernur
Cq. Kepala Badan Kepegawaian Daerah
di
Majalengka Jawa Barat

Lampiran    : 6 Lembar
Perihal        : Lamaran Kerja

Dengan Hormat,

Setelah memperhatikan Pengumuman Pengadaan CPNS Pemerintah Kabupaten/Kota Majalengka dengan No surat edaran xxx123456 tanggal 15 November tentang Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Kabupaten/Kota Majalengka Formasi Tahun 2014, dengan hormat kami yang bertandatangan dibawah ini :

Nama                                    : Karuhun Gaul
Tempat / Tgl. Lahir           : Ujung Dunia, 17 Agustus 1945
Pendidikan Terakhir        : S1 Blogger Jalanan
Alamat                                  : Jl. Ujung Jalan No. 1001 Malausma
Status                                   : Lajang
No. Pendaftaran              : Unreg BB Mail xxxx212017654
No. Hp/Telp                      : 0878xxxx212
Alamat Email                    : Jikatersedia@gmail.com

Mengajukan permohonan untuk mengikuti seleksi pengadaan CPNS kabupaten Majalengka Formasi Tahun 2014, untuk Kualifikasi Pendidikan S1 Blogger Jalanan dengan formasi jabatan sesuai prioritas :

1. Formasi Jabatan  : Web Developer
2. Formasi Jabatan  : Pengembangan Sarana Dan Teknik Informatika
(Nomor 2 diisi apabila melamar lebih dari 1 jabatan)

Sebagai bahan pertimbangan, terlampir kami sampaikan berkas-berkas persyaratan sebagaimana yang tercantum dalam Pengumuman Pengadaan CPNS Majalengka yang terdiri dari :

1. Foto copy KTP sudah diperbesar 200% dilegalisir
2. Foto copy Ijazah + Transkip nilai dilegalisir
3. Foto copy Kartu Tanda Pencari Kerja 1 Lembar
4. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) 1 Lembar
5. Pas Photo 3 x 4  sebanyak 5 Lembar
6. Curriculum Vitae
7. Surat Keterangan Asli (tidak buta warna)
8. Materai Rp. 6.000 (utang)
9. Amplop kecil ukuran 23 x 11 berperangko dan sudah diisi dana titipan sebesar Rp. 80. 000.000,-

Demikian surat permohonan ini (saya titipkan) dan atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Majalengka, 20 November  2014


Hormat Saya,


Karuhun Gaul



Contoh Surat Lamaran Satpam/Security

Medan, 20 November 2014

Kepada Yth :
Bapak/Ibu Pimpinan
PT. Gagah Perkasa Jaya
Di
Tempat

Dengan Hormat

Saya yang bertanda tangan dibawah ini

Nama                                    : Jono Gaul
Usia                                    : 69 Tahun
Tempat / Tgl. Lahir           : Medan, 17 Agustus 1945
Pendidikan Terakhir        : SD Negeri 1 Batakia
Alamat                                  : Jl. Simatupang Jaya No. 1001
Status                                   : Lajang (belum laku/jomblo)

Dengan ini saya  bermaksud melamar pekerjaan dengan posisi sebagai security/satpam pada perusahaan yang sedang Ibu/Bapak pimpin. Sebagai bahan pertimbangan saya ajukan beberapa data kelengkapan berikut :

1. Foto copy KTP
2. Foto copy Ijazah Terakhir
3. Pas Photo 10 x 10 Sejumlah 10 lembar
4. Sertifikat Pelatihan
5. Daftar Riwayat Hidup Sementara

Demikian surat ini saya buat tanpa mengada ada, besar harapan saya bisa diterima bekerja di perusahaan Bapak/Ibu sesuai keahlian yang saya miliki. Atas segala atensinya saya ucapkan terimakasih


Medan, 20 November  2014


Hormat Saya,


Jono Gaul


Surat Lamaran Bank Mandiri


Kepada Yth :
HRD
BANK MANDIRI
Bandung
Jl. Pajajaran No. 89 Arjuna Cicendo  Bandung
UP. Bag. SDM

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja dari penganggurankerja.info, bersama ini saya mengajukan diri untuk melamar posisi sebagai Teller Staff pada Bank Mandiri Bandung. Maka dengan ini saya :

Nama                                    : Asep Gaul
Usia                                    : 69 Tahun
Tempat / Tgl. Lahir           : Bandung, 17 Agustus 1945
Pendidikan Terakhir        : SD 3 Management Akuntasi Fakultas Perbankan UNISBA
Alamat                                  : Jl. Rama No. xxx Tepatnya Sebelah Belakang Bank Mandiri
Status                                   : Jomblo, Belum Menikah
IPK Terakhir                      : 9,99% Halal

Sebagai pertimbangan saya lampirkan kelengkapan data pribadi berikut :

1. Foto copy Kartu Tanda Penduduk Asli dan masih berlaku
2. Foto copy Ijazah Terakhir SD 3 Dan Nilai Transkrip
3. Pas Photo Close Up Terbaru, Seadanya Pas Pasan Berwarna
4. Curriculum Vitae

Besar harapan saya supaya bisa diterima pada perusahaan PT. Bank Mandiri , kerja keras dan kejujuran akan saya lakukan untuk bisa bergabung di perusahan Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kebijaksanaan saya haturkan ribuan terimakasih.


Bandung, 20 November  2014


Hormat Saya,


Asep Gaul


Surat Lamaran Bidan Rumah Sakit


Kepada Yth :
HRD Manager
Rumah Sakit  Harapan Bunda
Cirebon
Jl. Perjuangan  No. 89 Cirebon

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                                    : Iteung Neng Gaul
Usia                                    : 69 Tahun
Tempat / Tgl. Lahir           : Bandung, 17 Agustus 1945
Alamat                                  : Jl. Rama No. xxx Tepatnya Sebelah Belakang Bank Mandiri
Status                                   : Jomblo, Belum Menikah
Agama                               : 100% Islam

Bersama ini mengajukan permohonan untuk dapat bergabung di Rumah Sakit Harapan Bunda sebagai tenaga bidan dan kompetensi yang saya miliki. Motivasi, kerja keras , interaksi, sosialisasi, kerja sama merupakan keahlian saya. Bekerja keras bersama tim atau sendiri sanggup saya lakukan demi perkembangan dan kemajuan terutama dalam bidang pelayanan pada rumah sakit yang ibu/bapak pimpin. Untuk bahan pertimbangan telah saya lampirkan :

1. Foto copy Kartu Tanda Penduduk Asli dan masih berlaku
2. Foto copy Ijazah AKBID
3. Foto copy Tanskrip Nilai AKBID
4. Foto copy Ijazah SPK
5. Foto copy Transkrip Nilai SPK
6. Pas Photo Close Up Terbaru, Seadanya Pas Pasan Berwarna
7. Curriculum Vitae

Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian dan pertimbangannya saya haturkan terima kasih


Bandung, 20 November  2014


Hormat Saya,


Iteung Neng Gaul


Tips Cara Membuat Surat Lamaran

Kerja atau profesi merupakan suatu kewajiban, setiap orang akan berupaya bekerja keras untuk mendapatkan pekerjaan ini baik dengan cara melamar secara langsung, menggunakan relasi orang dalam ataupun melalui penyedia jasa layanan (yayasan). Prosesnya pun berbeda beda ada yang harus memberikan sejumlah uang kepada yang memberikan informasi dan peluang, ada juga yang harus memberikan jaminan ijazah dll, tapi ada juga yang mujur tanpa harus keluar sepeserpun. Namun umumnya pengalaman para pencari kerja tidak jauh berbeda intinya harus mengeluarkan uang supaya bisa diterima itulah fenomena kurang baik yang terjadi di negara kita.
Bagi sobat yang ingin berusaha mencari pekerjaan tanpa mengandalkan pihak, tidak ada salahnya belajar tips bagaimana cara membuat surat lamaran sederhana sendiri dengan baik dan benar sesuai aturan sehingga bisa bebas dalam mengatur struktur kalimat menggunakan gaya bahasa sendiri silahkan menyimak beberapa tips dari karuhun dibawah ini.
  • Digital or Handwriting, saran pertama pertimbangkan dulu surat lamaran kerja akan diketik menggunakan laptop/pc atau ditulis manual? hasil ketikan memang jauh lebih rapih dibandingkan tulisan tangan dan sekarang ini hampir semua perusahaan menginginkan seperti itu, paling tidak bisa mengetahui kemampuan calon pekerja dalam mengoperasikan komputer, tapi ada juga beberapa perusahaan yang mewajibkan surat lamaran ditulis tangan manual saja. Katanya sih untuk mengetahui karakter pelamar melalui bentuk tulisan tangannya (lebai banget)
  • Kerapihan, khusus bagi surat yang ditulis manual harus benar benar memeperhatikan kerapihan tulisan seperti jarak spasi, hurup besar kecil dan ketebalan tinta pena serta kondisi kertas. Sebaiknya gunakan ballpaint dengan tinta warna standar yaitu hitam. Hal yang sama juga harus diperhatikan untuk yang membuat surat dengan komputer dengan sedikit tambahn gunakanlah model huruf standard (times new roman atau arrial)
  • Penggunaan bahasa, sebaiknya memakai bahasa lokal saja Indonesia, tidak perlu berlebihan menggunakan bahasa asing kecuali atas permintaan perusahaan tertentu, sebagian mewajibkan surat lamaran diketik dalam bahasa Inggris
  • Map/Binder kemaslah surat lamaran dan berkas lainnya yang dibutuhkan menggunakan map atau binder 
  • Content, ini merupakan bagian akhir namun sangat penting dijadikan senjata pamungkas. Isi surat sebaiknya Impressif untuk menarik perhatian perusahaan caranya dengan menunjukan jati diri seperti kemampuan/skill dll usahakan untuk memberikan kesan simpatik dan percaya diri. Sealnjutnya gunakan kalimat yang efektif tidak  berlebihan dengan gaya bahasa yang simpel padat dan tepat hindari pengulangan kata sambung seperti [yang,dengan,dan,ini] sehingga isi surat mudah difahami tidak janggal apalagi membingungkan pembaca. Yang terakhir jangan lupa agar mencantumkan qualifikasi seperti pengalaman kerja atau prestasi yang pernah diraih diluar pekerjaan hal ini tujuannya untuk menambah daya tarik perusahaan sehingga lamaran bisa dipertimbangkan untuk diterima. Qualifikasi selain dicantumkan pada surat lamaran bisa juga lebih detail dibuat secara khusus menggunakan CV atau Curriculum Vitae supaya terkesan rapi dan terlihat lebih professional
Demikian beberapa tips dan trick karuhun buat sobat yang lagi sibuk mencari pekerjaan, karuhun doakan setelah membaca contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar, sobat segera mendapat pekerjaan dengan gaji yang besar halal dan berkah. Ingatlah di dunia ini tidak ada sesuatu yang bisa diraih tanpa keringat, semangat, doa dan bekerja keras kecuali blogger cukup berdoa dan bekerja keras tanpa keringat. Terimakasih

Note : Jika tertarik dengan format surat lamaran inii, silahkan langsung copy lalu paste pada notepad setelah itu buka pake Ms. Word biar formatnya tidak acak acakan setelah itu tinggal edit untuk penyesuaian. Tapi tolong jangan Saya yang dilamar ya !!!